Me and Android (I)

Kali ini saya hanya cerita, tidak bermaksud meracun, simply hanya cerita:-)

Pada saat malam takbiran, saya bantuiin istri nungguin warung di mall. Karena sudah ada staff istri yg beresin semua urusan, saya nongkrong, ngopi di cafe di ujung mall sambil makan roti bakar.

Kemudian saya lihat iklan rokok Djarum di lcd yg dipasang di cafetsb, yg rekan2 juga tau, tentang perjuangan seorang bapak untuk memafkan sakit hati yg dia terima selama sebelum lebaran.
Iklannya menjadi menarik karena sendu diiringi lagu mendayu dayu Ebiet G Ade.
Saya teringat dulu waktu smp, Ebiet ini sangat terkenal, seorang penyanyi balada yg bagus, kakak saya sering memutar lagunya berulang ulang, sehingga saya juga hafal bbrp lagunya.

Tiba2 ada rasa ingin memutar lagu itu kembali…
Saya tahu di internet pasti lagu tersebut banyak.
Tapi saya tahu juga banyak org frustrasi mendownload lagu dr internet, seringkali diajak berputar putar di website, harus buka iklan ini, iklan itu, belum kemungkinan webnya sebenarnya hanya “samaran” untuk masukkan virus/ trojan selain iklan yg bertubi tubi.
Cara lain yah pear to pear.

Tp saya mau dengar lagu ini sekarang. Terbayang kalau pulang ke rumah nyalakan komputer, browsing, wah malesnya.
Saya juga teringat banyaknya email atau sms dari kolega yg ber bb, menanyakan url untuk mendowload lagu dari bb supaya bisa dapet lagu free

Kemudian saya keluarkan android, dan search di android market, adakah program pencari lagu. Memang saya sudah punya software music on demand, yg bisa streaming langsung lagu yg bisa kita search.
Tp rasanya saya mau simpan lagu ebiet ini.

Akhirnya saya mendapatkan software bernama imusic di market android, dan langsung install ota, gratis pula.
Pada featurednya pertama kali dibuka, ada pilihan 50 lagu paling ngetop dan 50 penyanyi paling ngetop
.
Kemudian saya lihat ada fasilitas search, sayapun mencoba search nama penyanyi: ebiet g ade. Tidak lama keluar deretan lagu ebiet g ade, beserta besarnya file.
Saya rasa file2 yg wajar dari sebuah mp3 adalah berkisar 3-6 mega, kalau terlalu kecil biasanya suaranya kurang bagus, terlalu tinggi kompresinya.
Akhirnya saya pilih lagu ebiet yg sama dengan iklan jarum.
Terlihat url yg akan disambangi program imusic untuk sebagai sumber lagu tsb.
Kemudian ada 2 pilihan, play atau download.

Pertama saya klik download, kemudian, sebelum download usai saya klik play.
Butuh sedikit waktu pada layar android untuk mempersiapkan lagu, dan kemudian terdengar suara khas Ebiet G Ade bernyanyi dengan bening……

Wah saya kagum, begitu mudahnya mencari dan “memiliki” lagu2
(Terbayang wah sebenernya saya sedang membajak

Terbayang bayang rekan yg pakai BB, mau download 6 mega sepertinya dalam traffic lebaran yg tinggi bisa ditinggal tidur.
Terbayang anak saya yg pakai aipun 3G, untuk dengar contoh lagu 25 detik saja harus boongin itunes dengan buka account amerika.
Mau lagu harus buka pc dan sync.
(Entah kalau sebenernya bisa di aipun, masak sih raja multimedia kaga bisa aipun?)

Sementar Bpknya asik streaming dan download.
Iseng buka fitur lainnya, ada kategori, mau lagu genre apa, dari pop sampai black metal (entah apa pula black metal ini, trash metal apa pula), iseng saya buka lagu balada, eh ada simon garfunkel, dan mengalirlah lagu sound of silence,
Inget jaman kuliah saya unduh juga lagu tracy chapment, bahkan lagunya ada yg 9 mega, sedot saja…..
Tak lupa pula disturbia Rihanna saya download, kemudian jalankan ring droid, potong penggalan lagunya dan jadikan ringtone. Dum dum di dum dum di dum dum…….
Asik……

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.