SmartFren andro tab Max 7

 

 

0006

Tahun 2012 merupakan tahun yang sangat luar biasa bagi OS android. Dengan 1.000.000 aktifasi perhari dan total aktifasi 400.000.000 telah menjadikan tahun ini sebuah loncatan besar bagi OS android. Selain itu, besarnya antusias masyarakat terhadap OS android telah menarik banyak produsen gadget untuk membuat ponsel dan tablet android untuk dijual di pasaran. Dengan maraknya ponsel dan tablet android yang dijual di pasaran tahun 2012 ini menjadi sebuah festival bagi orang-orang di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri banyak yang sudah mulai tertular ‘demam android’. Kini masyarakat dari berbagai kalangan mulai berburu untuk mendapatkan device android terbaik dengan harga yang terjangkau. Biasanya device-device android tersebut dibundel dengan provider tertentu yang menyedikan jasa internet bagi para penggunanya. Kali ini giliran smartfren yang ikut ambil bagian dalam pesta android di Indonesia dengan menyuguhkan smartfren andro tab. Mau tau lebih jelasnya seperti apa tablet yang dikeluarkan oleh smarfren satu ini? Mari kita lihat dengan lebih seksama.

Hardware

0009

Saat pertama kali melihat smartfren andro tab kita akan disuguhkan dengan layar 7-inci yang nyaman untuk digunakan. Balik tablet ini maka akan terlihat sebuah back case dengan texture yang nyaman untuk digenggam. Pada bagian atas tablet ini terdapat port headset 3,5 mm, tombol volume, dan tombol power. Selain itu, pada bagian bawah dari smartfren andro tab kita dapat menemukan sebuah slot micro sd dan SIM card, port hdmi, port micro usb, serta sebuah port charger.

0004

Dengan dipersenjatai prosesor 1 Ghz dan 1 GB RAM, smartfren andro tab siap memberikan performa yang baik. Selain itu, device ini juga memiliki layar capacitive multitouch screen dengan resolusi 1024 x 600 pixel. Ini berarti akan dihasilkan detil gambar yang baik dan respon sentuhan yang cukup sensitive saat kita sedang menikmati video atau sekadar bermain Angry Birds untuk mengisi waktu luang. Sebagai catatan, biasanya tablet dengan kategori budget (berharga terjangkau), hanya memblowup ukuran resolusi 480×800 yang biasa dimiliki smartphone android menjadi resolusi yang dimiliki tablet, tetapi acung jempol untuk tablet SF andro tab ini karena sudah memberikan resolusi “standard” tablet yaitu 1024×600. Catatan: tablet ini dibanderol dengan harga hanya Rp.1.488.000

Dengan dukungan kamera 2MP di bagian depan tablet ini, kita dapat menggunakannya untuk melakukan video call melalui skype atau yahoo messenger. Kamera belakang juga sama dilengkapi dengan lensa 2MP, walaupun bukan ukuran yang tinggi, tapi cukuplah mumpuni untuk mengcapture suasana, atau untuk menangkap video.

Device ini juga diberikan storage dengan kapasitas 4GB untuk menampung semua game dan aplikasi kesayangan kita. Selain itu, smartfren andro tab juga dilengkapi dengan fasilitas seperti Google Apps, Built in GPS, Bluetooth, serta micro USB up to 32 GB.

Performa dan Daya Tahan Baterai

0014

Bicara soal performa, smartfren andro tab tidak mengecewakan. Berbeda dengan tablet-tablet lain di kelasnya, tablet keluaran smartfren ini akan memberikan pengalaman ber-android ria di luar ekspektasi. Dengan android 4.0.3 Ice Cream Sandwich user interfacenya yang ‘licin’ saat digunakan akan memberikan nuansa ‘mewah’ bagi kita. Penggunaan sehari-hari seperti berselancar di internet, atau membaca dan membalas email akan, atau hanya sekadar menghabiskan sore hari dengan membaca buku dan bermain game akan terasa ringan di tablet ini.

Selain itu, layar smartfren andro tab juga akan memanjakan mata kita dengan warna yang cukup kontras dan cerah. Menonton video-video kesayangan dan menjelajahi You Tube dengan menggunakan device ini akan membuat waktu berlalu dengan cepat. Ditambah dengan resolusi layar yang cukup tinggi, device ini akan memberikan pengalaman multimedia yang menyenangkan.

Daya tahan baterai dari tablet ini cukup untuk memenuhi pemakaian sehari-hari. Dengan penggunaan standar seperti menerima dan mengirim email, browsing, dan sedikit game tablet ini akan mampu menemani kita melewati hari yang sibuk. Hal ini tentu tidak lepas dari daya baterai yang cukup tinggi yaitu 3000 mAh.

Konektivitas

Smartfren Andro Tab didukung dengan jaringan CDMA dari Smarfren, mendukung CDMA 2000 1x EvDo Rev A 800/1900 Mhz, ini berarti kita dapat menikmati akses internet cepat (up to 3.1 Mbps) yang akan membuat browsing, social networking, dan video streaming terasa sangat lancar. selain itu, dengan internet yang cepat, kita juga dapat mengunduh program-program serta game menarik tanpa harus menunggu lama.

Disamping koneksi internet, Smartfren Andro Tab juga menyediakan fitur bluetooth dan port HDMI. Dengan menggunakan dua fitur tersebut, kita dapat berbagi data, foto, video dengan teman-teman dan keluarga kita dengan mudah. Misalnya saja, kita ingin membagikan sebuah foto pada keluarga kita. Dengan menggunakan fitur bluetooth foto tersebut dapat dengan mudah dikirimkan ke ponsel atau komputer keluarga kita. Contoh lainnya, misalkan kita sedang berkumpul dengan teman-teman, lalu ada sebuah video menarik yang ingin kita tunjukan kepada mereka. Kini kita tidak perlu lagi berdempet-dempetan untuk dapat melihat video tersebut. Cukup dengan menggunakan port HDMI yang ada pada tablet ini dan menghubungkannya ke televisi dan voila kita dapat menikmati video tersebut di layar besar.

Fitur Tambahan

0019

Walaupun device android sangat mudah dihubungkan dengan komputer melalui usb untuk mentrasfer data, tapi seringkali orang menginginkan tablet android itu juga seperti layaknya komputer/notebook yang dilengkapi dengan port USB untuk bisa dihubungkan dengan portable drive seperti flash disk, untuk memudahkan pertukaran data. Dan baiknya kebutuhan ini ternyata sudah dilengkapi di tablet Smartfren andro ini, bahkan kabel yang dikenal dengan istilah USB on the go sudah ada di dalam paketannya, menjadi nilai tambah untuk tablet ini.

Kesimpulan

Smartfren Andro Tab adalah sebuah tablet dengan harga terjangkau yang memiliki fitur yang mewah. Jika dibandingkan dengan tablet sekelasnya, Smartfren Andro Tab dapat dikatakan sebagai salah satu yang terbaik. Layar 7 inci yang didukung dengan prosesor 1 Ghz yang cepat dan konektivitas dari smartfren akan membuat device ini menjadi sebuah pilihan yang smart bagi kita yang smart.

(This writing made by my son, Handi S)

  1. mmulyana on

    kenapa smartfren tab 7 saya setelah muncul layar utama tidak bisa ngebuka layar menu?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.