Google Places for Business

 

google-flagKalau kita membuka google map dan mencari lokasi sebuah tempat, atau dikenal sebagai point of interest, semisal rumah makan, hotel dll, tidak semua tempat bisa kita jumpai. Itu dikarenakan walaupun google sangat hebat, tetapi tidak mengetahui semua informasi lokal.

Bayangkan kita datang ke sebuah kota yang tidak kita kenal dan ingin mencari tempat makan, biasanya hanya ditemukan restoran-restoran besar. Padahal seringkali makanan lokal yang otentik adalah makanan di warung pinggir jalan. Tapi informasi itu tidak bisa anda temukan di google map. Atau ketika anda ingin membeli kerajinan lokal di daerah tersebut, tempat tersebut juga sulit ditemukan. Padahal dengan bisa ditemukan posisi lokasi usahanya di google map, otomatis selain memudahkan orang yang mencari, juga bagus untuk mendatangkan pembeli bagi bisnis kita.

Untuk itu google memberikan kita kesempatan untuk menempatkan informasi tentang bisnis kita di google map, atau disebutkan sebagai google places local.

Kenapa sebaiknya lokasi bisnis kita bisa dicari? Apakah banyak orang yang menggunakan google map? Jangan lupa, bahwa sekarang kebanyakan orang sudah berinternet melalui smartphone, semisal android, iphone, BB , windows phone dll. Dan didalam kebanyakan smartphone, mesin pencarinya adalah google, dan pencarian lokasi google selalu berhubungan dengan google map. Semakin mudah kita ditemukan didalam pencarian lokasi, memungkinkan semakin besar pelanggan mencari kita dibanding kesebuah tempat yang tidak bisa ditemukan dalam pencarian.

0001

6 November 2012 kemarin GBG (Google Business Group) chapter Bandung, mengadakan workshop dengan pembicara langsung dari google untuk memberikan informasi tentang google places local. Tulisan ini kira2 menjadi panduan lagi untuk mereka yang hadir dan sedikit lupa atau belum begitu jelas , sekalian juga untuk mereka yang membaca tulisan agar dapat mulai menempatkan lokasi bisnis mereka di google.

Cara Memulai Google Places Local

Langkah pertama pastikan kita sudah memiliki account (google) gmail. Account yang sama bisa kita pakai untuk tools2 google yang lain, seperti di android, google places, google docs dll. Jadi pastikan account anda solid. Tidak diperlukan banyak account google yang berbeda-beda untuk menggunakan sekian banyak tools google, satu account yang solid sudah cukup dan lebih mudah kita kontrol. Account gmail (google) ini ditandai dengan format seperti ini:  namaanda@gmail.com. Jika belum memiliki silahkan membuatnya di www.gmail.com , dan pastikan password anda bagus, minimal memiliki kombinasi antara alfabet dan angka yg tidak mudah ditebak, jangan sampai nanti akibat password yang tidak kuat, account google anda berantakan karena di hack.

Setelah memiliki account google, masuk ke situs www.google.com/places

0003

Pilih bagian disebelah kanan “Get your business found on Google” dengan mengklik get started now.

Masukkan alamat gmail dan password kita kalau diminta. Maka kita akan masuk ke halaman seperti ini:

0008

Silahkan masukkan semua info tentang bisnis kita, mulai dari negara, nama Toko/ bisnis , alamat, jenis bisnis dan lain-lain selengkap-lengkapnya bahkan sampai jam buka dan mau menerima pembayaran dalam bentuk apa. Jangan lupa, kalau ada fotonya lebih baik lagi, silahkan dimasukkan supaya calon konsumen bisa mendapat info lebih lengkap.

Setelah semuanya kita isi, perhatikan peta lokasi bisnis kita disebelahnya, apakah posisinya sudah benar?

0007

Kalau posisi anda sudah benar, silahkan centang ” Yes, the address and marker location are currently correct. Kalau belum klik tulisan drag the marker to correct location , dak kita akan bisa menggeser-geser tanda posisi lokasi bisnis kita di map. Setelah diyakinkan posisi sempurna , centang Yes, the adress and marker location are currently correct, dan klik submit di bagian bawah halaman, dan masuk ke halaman validasi.

Validasi

0009

Untuk memastikan bahwa posisi bisnis yang di submit ke google adalah benar, google membutuhkan otentifikasi. Ada 3 cara, seperti contoh diatas, bisa pilih by phone, yang mana nanti akan ada telepon ke nomer yang anda submit, atau melalui sms, juga ke nomer yang anda pakai untuk submit, atau cara terakhir melalui poscard. Jadi akan ada poscard dari google dikirimkan ke alamat kita untuk memastikan memang alamat bisnis tersebut valid. Silahkan pilih cara validasi yang sesuai dengan kemauan kita.

Untuk peserta workshop GBG Bandung, pastikan memilih by Poscard. Karena alamat email anda sudah terdaftar di GBG Bandung, dan akan segera di akselerasi (bypass) oleh team engineering google supaya segera di approve, tanpa menunggu waktu yang lama. Enjoy!

Leave a Reply