How to upgrade Meizu MX4Pro to Flyme OS 5

headermx4p

Selamat buat gadtoraders yang sudah memiliki Meizu MX4Pro dengan harga khusus. Terimakasih untuk animo nya yang sangat besar di milis, dari keriuhan ingin segera daftar, eksekusi, menanti barang tiba, dan sampai sekarang bahasannya belum berhenti karena ternyata device ini membawa sedikit tantangan untuk meng-updatenya.

Buat rekan-rekan yang sudah biasa mengoprek device, root, ganti rom, dll, semua juga pernah mengalami masa awal ketika takut gagal. Makin sering mengoprek, makin tidak takut resiko. Dibandingkan ketika android awal muncul, jaman HTC, Motorola, Samsung, dan brand global lain sebelum bermunculan brand dari Tiongkok, AFAIK menurut pengelaman, device-device tersebut relatif lebih sulit dan lebih menantang untuk ditaklukan saat ingin berganti ROM. Tetapi berbeda dengan Xiaomi dan Meizu, mereka sudah mempersiapkan devicenya lebih mudah untuk dioprek, tidak terlalu membutuhkan skill khusus. Jadi harusnya bantuan step by step ini sangat mudah untuk diikuti. Jangan berpikir harus root, adb, busybox, install driver ini itu di komputer, tanpa bantuan PC pun, upgrade ROM di Meizu MX4 Pro bisa dan mudah dilakukan.

Meizu MX4Pro pertama diterima masih ber OS android 4.4.4 KitKat, yang sekarang rasanya sudah agak terlalu tua untuk dipertahankan. Cara termudah upgrade, tinggal koneksikan device ke internet, baik via wifi atau koneksi data dari SIM card, pilih aplikasi Update yang terdapat di folder Tools, tinggal di tap dan akan ada pilihan untuk upgrade

upgrade

Update tersebut akan menaikkan OS ke Flyme 4.5.7 base on android Lollipop 5.0 versi global. Kebanyakan device buatan Tiongkok memiliki dua versi OS, Chinese version dan Global version. Global version diberikan untuk device mereka yang dipasarkan diluar Tiongkok, sendangkan Chinese version untuk di dalam negeri. Kenapa dibedakan? Karena di Tiongkok sendiri, walaupun device tersebut base on android yang dibuat oleh google, aplikasi google sendiri dilarang di negara tersebut, termasuk beberapa aplikasi umum yang lain seperti twitter, Facebook, dll. Jadi OS dari Chinese version, bawaanya tidak terdapat aplikasi google seperti google play store, gmail, google photos dll. Mereka memiliki app store sendiri.

banding1

Kiri Flyme OS 4.5.7, Kanan Flyme OS 5.1.5

 

banding2Sayangnya OS versi global untuk Meizu MX4 Pro masih base on Flyme OS 4, tampilan UI, fitur dan performanya belum sebaik Flyme OS yang baru, versi 5. Jadi panduan ini dibuat supaya kita naik saja ke OS untuk Chinese version, karena sudah menggunakan UI yang baru Flyme OS 5. Selain berbeda fitur, tampilan, menu dan UI yang lebih bagus, versi Flyme OS 5 ini juga ketika di test akan lebih baik dari segi performa. Dalam uji singkat yang saya lakukan, base on benchmark , terjadi peningkatan angka yang lumayan ketika sudah running Flyme OS 5 dibanding ketika menggunakan update OS versi Global, apalagi ketika masih standar bawaannya ketika baru dibuka dari dus. Tampilan kecerahan layar juga terasa lebih baik di versi Flyme yang baru, fingerprint yang lebih baik, fitur kamera lebih baru, dan beberapa peningkatan kualitas lain. Jadi rasanya worth -lah untuk sedikit berani dan update ke OS yang stable yang terbaru.

MeizuTheme

Meizu Chinese OS yang akan kita gunakan juga versi stable (bukan beta), yang sudah resmi di release disana, dan jangan takut, bahasanya bisa di set ke bahasa Inggris. Dengan meggunakan Chinese OS ini, kita juga tidak kehilangan beberapa fitur asli dari Meizu, seperti theme yang bisa di pilih dan App Store asli yang berisi campuran aplikasi-aplikasi yang diperuntukkan untuk digunakan di Tiongkok maupun global, yang mungkin berguna menambah variatifnya aplikasi dan bisa digunakan saat kita mendapat rejeki untuk bermain ke negara tersebut. Kenapa? Karena semua aplikasi Google dan teman-temannya, termasuk Map dan Google translaate menjadi useless ketika digunakan disana karena di block. Jika anda penggemar musik, QQ Music boleh coba di download dari app store asli Meizu, mungkin nanti kita mendapat pencerahan kenapa apple music dan google music or spotify mendapat tantangan besar untuk dipasarkan disana 😀

Silahkan download OS nya resmi dari situs Meizu disini:http://www.flyme.cn/firmwarelist-7.html

Karena bahasa Mandarin, ikuti saja gambar dibawah ini dengan memilih tulisan yang berwarna biru, nanti dibawahnya terlihat konfirmasi akan mendownload Flyme OS versi 5.1.5.0 A, kemudian klik kotak fill in biru untuk mulai mendownload.

Screenshot (705)

OS ini bisa di download langsung di Meizu nya, atau via komputer, dan nanti di pindahkan atau di copy paste ke Meizu (tahu dong caranya ya…, pake USB OTG boleh, atau colok Meizu nya dengan kabel data ke komputer dan copas file yang sudah di download tersebut, yang nama filenya nanti update.zip )

updatetochineseOS

Setelah file update.zip selesai di download di Meizu atau dipindahkan dari komputer, buka file explorer di Meizu (Biasanya aplikasi ini ada di aplikasi folder Flyme Tools). Cari file update.zip yang tadi sudah di download atau di pindahkan. Tap file tersebut, maka akn pop up notifikasi untuk systeum update, pilih OK. Pastikan baterai sudah di charge dan cukup. Proses update akan berlangsung dan tidak lama kemudian, congrats!, anda sudah berhasil naik ke Flyme OS 5.

Jangan kaget kalau ada yang mengalami dan mendapat semua tampilan beraksara Mandarin dan ada beberapa aplikasi lain otomatis didownload dan ter-install, seperti Weibo, Meitan, Qunar dll.

Untuk yang mendapat tampilan bahasa menjadi Mandarin, tinggal pilih setting, (bisa drop down menu dari atas atau pilih aplikasi bergambar roda gigi), kemudian pilih settingan seperti di bawah ini untuk menggantinya dengan bahasa Inggris. (hint: menu dengan icon bola dunia)

bahasa

Untuk beberapa aplikasi khusus untuk di Tiongkok, tinggal tap and hold saja dan buang, mana yang tidak diperlukan.

buangapp

Selanjutnya kita akan menginstall aplikasi Google. Mudah saja tidak perlu download apk atau gapps dari situs lain, cukup buka aplikasi App Store yang sebenarnya market aplikasi khusus Meizu di Tiongkok. Tidak perlu pusing dengan bahasanya, klik saja tanda search (kaca pembesar) dan ketikkan: google installer. Nanti beragam aplikasi google ada disana. Saran saya install aplikasi yang paling atas, dan nanti kita akan memliki google play store.

installgoogle

Setelah terinstall google play store ada baikknya kita melakukan re-start untuk menghindari google sering error. Tap and hold tombol power dan pilih restart. Kemudian jalankan google play store, masukkan akun google anda (sama dengan akun gmail) dan allow semua permintaan. Selesai deh, sekarang aplikasi2 lain bisa di download dengan mudah via Goole Play Store.

Jika kita mengalami, ketika mendownload aplikasi terjadi pesan error, atau ada notifikasi kegagalan download aplikasi karena akun google belum dimasukkan, coba lakukan hal berikut. Buka setting, cari menu Apps, pilih all, cari play store, klik clear cache, kemudian clear storage, force stop. Dan mulai lagi membuka google play store, harusnya sekarang lancar.

iferror

Atau jika errornya berat karena anda terburu sync, masuk ke setting, pilih account, other account, pilih akun google yang sudah dimasukkan dan remove. Kemudian baru buka setting seperti petunjuk di atas, Apps, cari play store, klik clear cache, kemudian clear storage, force stop. Dan mulai lagi membuka google play store dan masukkan lagi akun google anda.

Ternyata mudah ya… 😀

Enjoy your Meizu!

 

 

 

 

 

4 thoughts on “How to upgrade Meizu MX4Pro to Flyme OS 5

  1. anggi on

    Setelah update ke rom global, kamera sya jd tdk berfungsi, itu kno ya?

  2. anggi on

    Setelah update ke rom global, kamera sya jd tdk berfungsi, itu knp ya?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.