Battle of The Notes – Battery

Daya tahan baterai sekarang merupakan salah satu pilihan penting dalam memilih smartphone.  1-2 tahun belakangan ini, baterai smartphone android diatas 3000 mAh sepertinya sudah menjadi angka yang umum, dikarenakan semakin tingginya standar hardware smartphone dan semakin baik resolusi layar yang dihadirkan, plus faktor terpenting: semakin lamanya pengguna smartphone berinteraksi dan menatap layar smartphone.

battleofthenotes

Pembuka

 

Test kali ini melibatkan 3 buah smartphone yang membawa tag label “note” pada tipe smartphone mereka:

Meizu M3 Note

Xiaomi Redmi Note 3

Lenovo K4 Note

Dua dari smartphone tersebut (saat artikel ini ditulis)  sudah release resmi di Indonesia, yaitu Xiaomi Redmi Note 3 dan Lenovo K4 Note, sementara Meizu M3 Note yang dahulu direncanakan release pertengahan Juni 2016, ternyata masih menunggu sertifikasi postel keluar.

Sebagai catatan tambahan, Xiaomi Redmi Note 3 resmi disini sering diistilahkan pedagang sebagai Redmi Note 3 Pro, karena menggunakan prosesor Snapdragon, setelah sebelumnya dikeluarkan pertama kali dengan prosesor Mediatek. Padahal penamaan aslinya di Xiaomi, hanya Redmi Note 3, baik prosesornya Mediatek maupun Qualcomm Snapdragon.

spek

Uji ketahanan baterai ini hanya melibatkan satu task, yaitu memutar video secara looping terus menerus, dari baterai full 100% sampai device mati, kehabisan baterai.  Hasil uji ketahan memutar video ini tentu saja hanya melihat dari satu sisi, dan belum tentu sama ketika smartphone digunakan sehari-hari dengan bermacam task yang berbeda.

Parameter Uji

Semua device di charge hingga kondisi baterai Full 100% kemudian segera di test.

Kecerahan layar otomatis yang bereaksi terhadap ambien cahaya sekitar dimatikan. Begitupula koneksi internet baik wifi, bluetooth juga dimatikan. Running program yang tampak di task manager dimatikan.

Aplikasi pemutar video yang digunakan BS Player free, dan digunakan untuk memutar looping 5 seri video 720p serial Marvel Dare Devil seasons pertama, dalam fotmat mkv. Video yang sama akan diputar terus menerus dengan kondisi layar menyala, hingga baterai habis dan device padam sendiri.

Kecerahan layar semua di set 50% berdasarkan angka kecerahan layar dari aplikasi pemutar video BS Player, dan volume di set ke 0.

Sebagai ketepatan ukur baterai dan waktu, digunakan aplikasi Battery Log, yang mencatat semua perubahan daya baterai dari full sampai habis, termasuk waktu penggunaan dan suhu baterai.

Hanya 2 aplikasi yang running, BS Player dan Battery Log.

baterai

Hasil uji

Seperti diperkirakan, karena memiliki kapasitas baterai yang paling kecil, Lenovo K4 Note otomatis mati setelah menjalankan video selama 9 jam 36 menit. Data dari battery log terlihat bahwa Lenovo K4 Note, menghentikan semua operasi dan automatic shutdown ketika kondisi baterai belum benar-benar 0% melainkan 2%. Ini kemungkinan dilakukan kernel untuk menjaga agar unit mudah di charge kembali, karena baterai yang benar-benar habis selain mudah rusak, terkadang sulit untuk menyala kembali.

Walaupun hanya berbeda 100 mAh (dan kemungkinan malah hanya 50 mAh), Xiaomi Redmi Note 3 ternyata cukup terpaut jauh dengan Meizu M3 Note dalam daya tahan memutar video looping. Perbedaan keduanya 3 jam 15 menit, yang berarti kira-kira 3 episode lebih untuk seri Dare Devil. Total daya tahan Redmi Note 3 untuk memutar video 14 jam 34 menit .

Meizu M3 Note bertahan 17 jam 49 menit, sebelum akhirnya menyerah, dan menjadi device yang paling baik daya tahannya untuk memutar video looping.

Dari kapasitas dan daya tahan baterai, kita bisa mengambil kesimpulan tambahan, sebenarnya siapa yang paling irit dan siapa yang paling boros mengkonsumsi batarai, dengan membagi kapasitas baterai dengan lama waktu daya tahan.

Lenovo K4 Note walaupun memiliki kapasitas baterai paling kecil, ternyata juga paling boros, dengan menghabiskan 5.73 mAh per menit.

Xiaomi Redmi Note 3 setiap menit membutuhkan 4.58 mAh baterai untuk memutar video dengan kondisi di atas.

Meizu M3 Note menjadi smartphone yang paling irit dengan menghabiskan 3.86 mAh per menit.

hasil

Kata akhir

Setiap device belum tentu sama kehebatannya dalam melakukan semua tipe task atau pekerjaan. Memang ada device yang daya tahan baterainya bagus untuk menonton video, tetapi mungkin lemah ketika membuka halaman web. Pekerjaan menjalankan video bukan task yang berat dan menghabiskan banyak resource, cenderung hanya pekerjaan yang ringan, hanya saja menghabiskan banyak energi karena layar terus menyala. Uji yang dilakukan sekarang hanya memberi gambaran kecil mengenai daya tahan baterai, uji menyeluruh dibutuhkan untuk memberi gambaran yang lebih lengkap.

Karena menjalakan looping video dengan energi terbesar habis untuk menyalakan layar, intensitas lumen cahaya yang dihasilkan layar walau semuanya di set 50% berdasarkan aplikasi BS Player, belum tentu menghasilkan kecerahan lumen cahaya yang sama, karena setiap tipe smartphone biasanya memiliki kalibrasi masing-masing untuk standar persentase kecerahan layar.

Jadi jadikan ujicoba ini hanya sebagai acuan kasar saja, bukan hasil akhir yang mutlak.

Enjoy!

 

 

 

 

Leave a Reply