Portable Hard Disk untuk Smartphone?

Hard disk portable, atau eksternal hard disk biasanya disiapkan untuk PC atau laptop. Sedangkan smartphone selama ini selalu mengenal flash disk atau flash disk OTG atau lebih tepat disebut flash drive..

Secara karakteristik hard disk lebih besar kapasitasnya karena diperuntukkan laptop yang biasanya juga besar kapasitasnya, sementara smartphone yang lebih kecil kapasitasnya cukup bersanding dengan flash disk yang kapasitasnya lebih terbatas.

Tetapi sekarang ini terjadi juga perubahan, laptop sekarang lebih memilih SSD sebagai hard drive nya dibanding hard disk mekanik, ukuran kapasitasnya juga cenderung mengecil. Hanya laptop hi-end yang memiliki SSD dengan ukuran terabyte, sementara rata-rata laptop dengan SSD kisaran storagenya masih 128-256GB.

Sementara itu smartphone sendiri ukuran internal storagenya semakin besar, belum lagi di tambah micro SD.

Kapasitas flash disk juga membesar, tetapi yang ada di pasaran saat ini paling besar 200GB dan rata-rata umum baru 128GB, yang harganya termasuk lumayan. Jika kita pengguna produk Apple, harga flashdisk khususnya yang ber-port lightning, bisa berlipat.

Sementara itu ukuran fisik portable hard disk juga makin kecil, bahkan ada yang tipe slim. Secara harga jatuhnya per GB juga lebih murah, dan ukuran terabyte sudah lumrah di hard disk portable.

Untuk itu kita coba, apakah menggunakan hard disk portable ini bisa menjadi pilihan untuk smartphone, melihat sisi plus dan minusnya.

Hard disk yang coba digunakan adalah Seagate Backup Plus Portable. Ukuran kapasitas yang  tersedia 4TB dan 5TB. Ternyata tidak lebih besar dibanding power bank 10.800 mAH, padahal beberapa waktu lalu, hard disk berukuran kecil hanya maksimal 1TB.  Ukuran aslinya panjang 11.4 cm, Lebar 7.8 cm, dan tebal hanya 2 cm. Beratnya juga ringan 250 gram

Perbandingan Ukuran dengan Power Bank

Seagate Portable Backup Plus berikut kemasan

Jika ingin lebih slim, bisa memilih Seagate ultra slim, tebalnya kurang dari 1cm, dan beratnya hanya 135 gram, lebih ringan dari smartphone kebanyakan. Hanya saja kapasitas yang slim atau ultraslim lebih terbatas, di 1-2TB.

Di petunjuk boxnya dinyatakan connect with computer, jadi HDD portable ini di desain sebenarnya memang untuk komputer. Seperti kabel port yang disertakan adalah kabel usb 3.0 ke USB ukuran standar untuk PC/Laptop, tetapi kita coba lebih jauh apakah HDD ini cocok digunakan untuk smartphone.

Saat pertama dikeluarkan dari Box, Seagate portable ini dikoneksikan langsung ke smartphone yang memiliki port USB-C dengan bantuan adapter USB standard to USB type C. Langsung terbaca dan smartphone meminta untuk memformat hard disk. Tidak diperlukan sama sekali eksternal power lain, hard disk bisa terbaca baik seperti layaknya flash disk. Proses format dari smartphone hanya beberapa detik saja, dan hard disk siap digunakan.

USB Adapter to Smartphone

Hanya saja dari kapasitasi 4TB hard disk hanya terbaca 1.6TB saja di smartphone, sedangkan sisanya unlocated. Ini ternyata bisa terjadi juga di PC atau Laptop karena secara default hard disk dianggap sebagai MBR (Master Boot Record). Untuk bisa menjadikan hdd portable ini terbaca seluruhnya 4TB, cukup mengubahnya menjadi GPT (GUID Partition Table), yang caranya mudah hanya dengan command promt atau melalui aplikasi. Salah satu caranya di sini: https://technet.microsoft.com/en-us/library/cc725671(v=ws.11).aspx

Portable HDD Terbaca pada File Explorer Smartphone

Untuk mengetahui lebih jauh apakah hard disk portable ini bisa diandalkan, dilakukan beberapa test menggunakan benchmark dan uji langsung, baik di smartphone dan via PC.

Uji langsung dari smartphone menggunakan aplikasi Androbench. Ternyata hasilnya, Seagate portable hdd ini secara angka sequential read dan write sangat baik. Sebagai pembanding diuji juga flashdisk SanDisk, dan ternyata hasil sequential read dan writenya lebih bagus di Seagate portable.

Seagate Portable Sequential Read / Write : 99.62 / 65.93 MB/s

SanDisk Flashdisk Sequential Read / Write : 85.6 / 49.03 MB/s

Speedtest Androbench

 

Untuk uji langsung digunakan stopwatch untuk memindahkan file film berukuran 1.54 GB dari smartphone ke Seagate Portable HDD. Sebagai pembanding digunakan flashdisk SanDisk yang sama:

Menulis ke Seagate Portable membutuhkan waktu : 47 Detik

Menulis ke Flashdisk Sandisk menbutuhkan waktu : 01 Menit 24 Detik

Agak penasaran dengan hasil ini, dicoba menggunakan flashdisk OTG standar Xiaomi yang sudah cukup lama dan mungkin mewakili banyak flashdisk standar di pasaran. Hasilnya, waktu yang dibutuhkan untuk meng-copy file dari smartphone adalah: 02 Menit 39 Detik.

Untuk lebih membuktikan hasil uji, seagate portable ini diuji juga menggunakan laptop dengan aplikasi Crystal Disk Mark, hasilnya memang ternyata sequential read dan writenya memang lebih cepat dibanding flashdisk Sandisk yang sudah masuk kategori cepat.

Crystal Mark Test pada Laptop

 

Setelah mengetahui kecepatannya yang bisa diandalkan, menarik juga menggunakan portable hdd ini sebagai alternatif untuk backup atau berfungsi sebagi alternatif flashdisk dengan kapasitas yang berpuluh kali lipat lebih besar.

Untuk mereka yang akan banyak menggunakannya seagate portable ini untuk smartphone dan malas harus menambahkan adapter kabel, bisa mencoba membeli kabel terpisah dari USB 3.0 ke USB Type C, yang panjangnya bisa dipilih dari 20cm hingga 1 meter sesuai kebutuhan.

Kabel ini kisaran harganya 50-100 ribu rupiah saja. Jika smartphone masih menggunakan port micro USB, kabel yang sama juga tersedia di banyak online store.

Dalam kaadaan darurat dan lupa membawa kabel USB 3.0, bisa tetap digunakan kabel micro USB (USB 2.0), hanya saja kecepatan hdd akan berkurang.

Beberapa kelebihan dari menggunakan portable Seagate hdd ini:

  1. Kecepatan baca tulis ternyata bisa diandalkan.
  2. Kapasitas besar. Jika kita iseng menghitung harga per GB, Seagate portable ini seharga kurang lebih 2.450.000 untuk 4TB dan 2.550.000 untuk 5TB, yang secara hitungan kasar berarti Rp 612/GB dan Rp 510/GB , kira 7-8 kali lebih murah dibanding flashdisk yang kira-kira harganya Rp 4.390/GB
  3. Bisa digunakan berbarengan untuk laptop / PC yang memerlukan backup data besar, dan smartphone.
  4. Tidak memerlukan eksternal power
  5. Support untuk PC / Laptop ber OS Windows maupun Mac, jadi tidak perlu menggunakan hdd terpisah jika kita menggunakan dua operating system, hdd ini juga support android dan iOS.
  6. Walau menggunakan piringan /disk yang berputar, ternyata suaranya tidak terdengar, kecuali sengaja kita tempelkan ke telinga.

 

Beberapa kekurangan jika memilih portable hdd sebagai pengganti flash disk.

  1. Ukuran cenderung lebih besar dibanding flashdisk kebanyakan.
  2. Harus lebih hati-hati, karena moving parts di dalamnya rentan terhadap benturan.
  3. Saat digunakan pada smartphone lebih menguras daya. Sebagai perbandingan test memutar film 4K pada smartphone dengan kecerahan yang baik:

Langsung membaca file dan memutar film durasi 5 menit yang terletak di dalam portable hdd menghabiskan kurang lebih 4% daya baterai.

Sebagai perbandingan menggunakan file yang sama dari flashdisk, menghabiskan 2% baterai, dan menggunakan SD card di dalam smartphone, hanya menghabiskan 1% baterai.

Memutar File Film langsung dari HDD

Kesimpulannya, untuk mereka yang membutuhkan penyimpanan eksternal untuk laptop sekaligus smartphone, dan ingin keduanya bisa mengakses file yang sama, tanpa perlu sering meng-copy antar perangkat, menggunakan portable hdd ternyata sangat membantu, apalagi mengingat harga per GB nya yang lebih murah dengan kecepatan yang seimbang bahkan lebih.

Jika membaca namanya, Seagate portable ini disebut dengan nama yang ditulis besar Backup Plus, apa bedanya dengan portable hdd lain?

Teryata kita bisa memanfaatkan aplikasi backup otomatis yang disediakan, baik untuk laptop/PC atau smartphone. Cukup menginstallkan aplikasi Seagate Backup yang tersedia untuk PC/Mac dan smartphone android / iOS, bisa memilih folder apa yang otomatis akan selalu dibackup ketika HDD ini terhubung pada PC/laptop. Untuk smartphone sendiri saat HDD sedang terhubung ke laptop/PC, dan smartphone terhubung ke jaringan wifi yang sama, folder pada smartphone yang telah kita tentukan akan di backup secara wireless. Tentu saja lebih cepat mengcopy/backup file dengan kabel langsung ke HDD, tetapi bagaimanapun cara otomatis ini memudahkan bagi kita yang seringkali kelupaan membackup secara manual atau tidak mau ribet.

Proses Pertama Mempersiapkan Backup Otomatis

Oh ya satu lagi, jika tertarik menggunakan portable HDD untuk smartphone atau PC, pastikan kita mendapatkan keuntungan garansi resmi selama 3 tahun, termasuk kesempatan mendapat bantuan profesional dari produsen saat kita mengalami kehilangan/kerusakan data di HDD. Untuk produk Seagate, pastikan HDD yang dibeli bergaransi resmi dengan tanda MFI ini.

MFI, Made For Indonesia

 

 

28 replies on “Portable Hard Disk untuk Smartphone?”

  1. rivai on

    Kalau mindahin file dari smartphone ke harddisk nya bisa gak bos?

    • Lucky on

      Bisa, copas saja seperti ke memory card, asal smartphonenya support. Kebanyakan smartphone sekarang support dan bisa membaca hard drive

  2. Andreas on

    Maaf gan, apakah dijamin aman tanpa external power? Kira2 HDD tipe/model apa lagi yang sanggup otg tanpa harus ada external power?

    • Lucky on

      Aman Oom, selama smartphone bisa membaca isinya, berarti tidak perlu eksternal power. Kalau perlu eksternal power tidak akan terbaca. Kebanyakan portable hdd yang kecil2 yang keluaran akhir2 ini bisa dibaca di smartphone.

  3. Cing on

    Gan.. mau tny. Itu adapter port nya yg warna silver itu merk apa ya gan? Hape saya samsung note 5.. pake yg usb type c kok ga mw respon ya pas dicolok

    • Lucky on

      Adapter OTG yang paling bagus bawaan Samsung, tidak goyang2. Adapter lain juga bisa. Yg silver itu merk orico, sedikit goyang tapi jalan baik.

  4. Cing on

    Sorry gan.. ini benar bisa lgsung colok begitu aja dgn perantara adapter usb ke hp, dan bisa dibaca langsung tanpa embel2 melalui aplikasi??? Karna saya barusan tanya admin seagate katanya tidak akan bisa dibaca di smartphone kecuali menggunakan perantara aplikasi pembaca hard drive atau aplikasi seagate backup mobile ..

    Mohon pencerahannya,min. Soalnya mau beli tapi ragu2 sekali. Tkut sia2 ga kepake. Krna cm ad smartphone tdk ada laptop

    • Lucky on

      Samsung ya smartphone nya? Langsung jalan dijamin bisa baca exfat dkk. Kalau pure android seperti nexus bisa baca fat32 saja, kalau mau exfat baru beli aplikasi seperti total commander plug in.

  5. Wahid on

    Kalau hardisk nya USB 3.0 apa bisa di gunakan di hp USB 2.0 hp saya Xiaomi redmi 4x

    • Lucky on

      Bisa, yg penting Xiaomi nya support eksternal hdd via usb port nya. Biasanya kalau format FAT 32 kebanyakan smartphone support, tetapi tidak halnya dengan exFAT.

  6. roni on

    Maaf bos mau tanya,hp saya s7,kalo mau beli HDD yang 500GB atau 1TB.bisa kebaca semuanya atau cuma sebagian.terimah kasih

    • Lucky on

      Bisa, saya pakai yang 1 TB tidak masalah. Yg penting HDD nya tidak butuh daya yang terlalu besar yang tidak bisa diberikan S7 nya.

  7. naufal on

    permisi om, apa harus diconvert GPT dulu baru bisa ke baca atau kapasitas tertentu aja yg harus di convert terlebih dulu ke GPT agar kebaca.
    kalau dibiarkan MBR aja, apa bisa kebaca semua om untuk kapasitas dibawah 4tb

  8. misi om, apakah hdd harus di convert terlebih dahulu atau hanya kapasitas tertentu aja yg harus di convert ke GPT agar bisa kebaca
    kalau misal dibiarkan MBR, apa bisa terbaca semua di smartphone untuk semua kapasitas

  9. Koko on

    Saya masih bingung dengan jenis HPnya. Kalo asus zenfone 3 bisa?

    • Lucky on

      Asus saya belum coba, kabarnya agak tricky OTG nya tergantung OS nya.

    • Lucky on

      Kalau ada flash disk OTG dicoba dulu, karena kabarnya Asus soal OTG ini tergantung banget dengan OS nya. Kalau bisa, kemungkinan besar bisa juga, setidaknya dalam format FAT 32

  10. Ronny F on

    Kalau samsung note 9, pasti bisa baca exfat dan ntfs gak oom Lucky? Soalnya seagate saya dipartisi 2, satu ntfs dan satunya exfat. Tapi tiap di konek ke note 9 selalu muncul pemberitahuan hdd error dan harus di format. Saya gak tahu yang mana harus di format, yang ntfs atau yang exfat, dan kalau harus dibackup keduanya, space yang ada tidak cukup. Thx before

    • Lucky on

      Yang exFAT bisa dibaca, yang NTFS kebanyakan tidak bisa dibaca, akan diminta untuk diperbaiki.

    • Lucky on

      Kalau memang perlu baca NTFS, bisa coba install Total Commander dan install sub-nya Paragon exFAT/NTFS

  11. Maulana on

    Oh kalo samsung mesti di format dulu ya ilang dong semua wkwk

    • Lucky on

      Tidak, kalau Samsung tinggal colok saja, sudah supoort OTG , FAT32 dan exFAT

  12. hasan on

    Kl ext hd yg sdh ada isinya, di hubungkan ke hp, apakah akan merusak filenya? Thx

  13. Diki Surya Gemilang on

    Om, kalo boleh tau device smartphone om merk dan tipe apa ya om? Smartphone saya redmi note 9 apa bisa pake HDD eksternal itu? 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.