V-MODA Crossfade M-100

0001Pertama mendengar istilah Fashion Headphone, saya sedikit mengerenyit. Apa maksudnya?

Teringat anak-anak muda sekarang menggantungkan headphone di leher kemanapun pergi, saya mengiyakan bahwa sebuah headphone bisa menjadi asesoris gaya juga, selain tujuan utamanya bisa menjadi penghasil suara untuk musik.

Tetapi ternyata, fashion headphone  bukan sekedar menjadi asesori gaya ketika saya mengenal brand V-MODA, artinya lebih jauh dari itu.

V-MODA M-100 ternyata sudah menjadi headphone yang banyak diperbincangkan para penyuka musik. Beberapa DJ terkenal seperti Avicii, Hardwell, Morgan Page, Kaskade, Cosmic Gate, W&W, dll, kabarnya sangat menggemari headphone ini. Beberapa DJ Indonesia seperti DJ Anzamarch, DJ Apsara dan Winky Wiryawan pun menyukainya.

Sedikit review di bawah ini, semoga bisa membuat kita mengerti mengapa V-MODA bisa menjadi headphone yang bisa membawa hype baru.

Desain dan Ketahanan

Berkaca dari tag fashion headphone, tentu saja headphone ini harus punya desain yang menarik.  Banyak anak muda merasa tampil lebih pede ketika mengalungkan headphone beats dari Dr. Dre. Apalagi pengaruh para artisnya seperti Justin Bieber, Will I am yang berpose dengan gaya sama, menggantungkan headphone beats di leher, telah melahirkan trend baru, bahwa  headphone selain harus enak didengar, juga harus gaya jika di pakai. Setidaknya ini memberikan status brand image 🙂

Yang membuat saya kagum untuk fashion nya V-MODA, kekuatannya bukan hanya diletakkan dari segi brand, atau gaya, tetapi lebih banyak dari itu, misalkan dari pemilihan bahan dan bentuknya.

Background saya di arsitek dulu, kita belajar teori form follow function, bagaimana bentuk itu nantinya mengalir sesuai fungsinya. Sebuah desain yang baik, selain bisa menjadi wadah fungsi untuk dilaksanakan, tetapi juga diharapkan harus bagus dilihat dan menarik bentuknya.

V-MODA M-100 ini bisa dikatakan telah mencapai karakter ini.

Kedua belah pair earcup headphonenya tidak hanya berbentuk bundar biasa, seperti kebanyakan headphone, tetapi berbentuk hexagon.  Ada dua kemungkinan mencoba bentuk yang berbeda dari arus, menjadi keren dan berbeda, atau menjadi aneh.

Bagusnya V-MODA ini ikut kemungkinan pertama, menjadi keren dan berbeda, bahkan bisa dikatakan futuristik. Bentuk hexagonalnya semakin diperkuat dengan plat metal yang tampil mencolok, disebut metal shield, yang standard nya bukan main-main, tapi aircraft grade.

Metal Shield ini interchangeable, bisa diganti-ganti. Tidak hanya bisa diganti warna, tapi kita bisa memesan metal shield ini secara custom, dilengkapi dengan 3D laser engraving pada plat metal shield tersebut sesuai logo/ gambar/ tulisan yang kita inginkan. Para DJ menyenangi custom metal shield ini, karena ketika mereka beraksi, nama atau julukan sang DJ bisa terlihat dari headphone nya.

VModa_M80V80_photo_shields

Dibelakang metal shield ini, menempel bliss memory foam cushion yang nyaman menempel di telinga dan memberikan isolasi yang baik dari suara luar. Teknologi analog noise isolation ini cukup sanggup menghilangkan suara seperti keributan di luar, bising kendaraan, suara orang bercakap-cakap dll, tanpa memerlukan batere seperti yang diharuskan digital noise isolation.

Pada bagian headband kita masih dikejutkan dengan bahan yang berbeda dengan headphone kebanyakan. Di dalam bungkusan kulit dan busa headbandnya, terdapat konstruksi yang dinamai SteelFlex. SteelFlex ini sangat lentur dan kuat, sehingga headband ini bisa di plintir, dibengkokkan tanpa rusak dan tetap kembali ke bentuk asli.

0002Konstruksi sambungan headphone V-MODA ini juga berbeda, dimana biasanya sebuah headband langsung menyambung dengan earcup headphone, tapi di headphone ini pertemuan antara headband dan earcup disambung oleh sebuah engsel cliqfold , yang terbuat dari bahan stainless steel dan nantinya berperan dalam cara melipat headphone ini dengan cara yang cepat dan unik.

Headphone yang biasanya besar dan sulit disimpan, dengan konstruksi yang cermat di V-MODA menjadi sangat mudah dibuka dan dilipat dengan cepat. Bahan-bahan premium di unitnya sendiri membuatnya selain enak dilihat, futuristik dan gaya, pun sangat durable dan tahan banting.

Bayangkan anak-anak muda yang memakainya kemana-mana. Kemungkinan dipakai menemani saat main skateboard, outdoor activity, bersepeda, dll. Dimungkinkan dengan aktivitas yang demikian, headphone akan terjatuh, terbentur, ataupun tergesek. Grade V-MODA yang lulus pengujian 70 + 6’ , memungkinkan headphone ini tetap bertahan walaupun terjatuh dari ketinggian kurang lebih 180cm (tinggi rata-rata kepala).

Serasa masih belum cukup, headphone cable yang dibawanya tidak tampil biasa-biasa saja, tapi dilengkapi dengan kabel reinforced yang dibungkus bahan kevlar yang dikenal sangat kuat, seperti yang dipakai baju anti peluru. Dengan bahan seperti ini, kabel yang bisa dilepas pasang dengan mudah ini akan tahan dilipat bahkan sampai jutaan kali.

Video di bawah ini memperlihatkan seberapa baik desain V-MODA M-100 dan durabilitasnya.

0015

Untuk mendukung pengantar sinyal musik yang baik, pin jack 3.5 pada kedua ujungnya dilapisi emas 24k.

Kita akan mendapati dalam paketnya dua buah headphone cable, yang pertama Speak Easy mic cable, yang menjadikan headphone ini selain untuk mendengar lagu, juga menerima telepon ketika dipasangkan pada handphone/smartphone karena kabelnya dilengkapi mic dan tombol penerima.

Tombol dan mic ini berfungsi untuk smartphone baik dengan operating system iOS , android OS, Blackberry , Windows Phone, bahkan Amazon Kindle.

Kabel kedua yang disertakan adalah SharePlay audio cable, dimana salah satu ujungnya bercabang, untuk digunakan oleh headphone lain berbagi musik dari sumber yang sama. Selain untuk berbagi music, shareplay audio cable juga bisa ditambahkan mic khusus boom pro, untuk menjadi mic bagi para musisi atau penyanyi, yang dijual terpisah.

dMQevAHUntuk perjalanan jauh dan menjadi pelindung unit headphone, pada paketnya disertakan wadah yang dinamai exoskeleton case yg kokoh dilengkapi zipper dan pengait carabiner. Ini memudahkan kita mencantelnya pada koper bila bepergian, dan dengan mudah mengakses headphone tanpa harus membuka koper/tas saat dibutuhkan. Di dalam exoskeleton ini juga sudah disediaan colokan jack ¼” adapter untuk mereka yang akan menyambung headphone ini ke perangkat audio dengan ukuran lubang jack ¼”.  Jack adapter ini juga tetap dilapisi lapisan emas 24k.

Bicara desain, V-MODA ini masih terus mengejutkan sampai bagaimana dusnya di desain. Tidak hanya simple seperti dus biasa kebanyakan yang berbentuk kotak, tetapi dibentuk hexagonal juga dengan penampang penutup yang menurun, yang kira-kira kalau dipajang di etalase akan menjadi sangat catchy.

Pegangan di atas dus ini memakai kulit yang sama seperti yang digunakan headband. Jadi dari pegangan kulit ini kita bisa mengetahui di dalamnya headphone berwarna apa. Ada 2 pilihan warna, hitam (mat black) dan putih (silver white), dengan tambahan 1 model gabungan hitam dengan strip merah.

Selain tulisan garansi 2 tahun di kotaknya, beberapa bagian berisi QR code yang bila di scan dengan barcode scanner smartphone akan membawa kita ke web V-MODA terkait.

2013-March-3-5-V-MODA_M-100 (1)

tom_vmoda

Karena bentuk headphone yang futuristis ini, Tom Cruise kabarnya membawa dan mengenakannya sendiri untuk dipakai sebagai properti film di Mission Impossible – Ghost Protocol.

vmodam100

Performa

Setelah cukup panjang lebar bicara tentang desain nya yang bagus, kita juga berharap sekarang audio yang dihasilkannya juga baik.

Ketika dikenakan, headphone V-MODA M-100 dengan berat 280 gr  ini nyaman dikenakan.

Lapisan ergosoft memory foam nya menutup daun telinga dengan baik, suara eksternal sebagian besar langsung terisolasi. Untuk pemakaian yang lama tidak menimbulkan rasa panas yang berlebihan sehingga tetap nyaman dipakai mendengarkan musik berlama-lama.

Didalam tiap sisi earcup nya, dilengkapi 50mm dual-diafragma dengan respon frekwensi 5-30 Hz, diikuti sensitifitas di 103dB dan impedansi di 32Ohms.

Suara yang dihasilkan kira-kira allround, cocok digunakan dalam bermacam-macam genre musik. Bass yang dihasilkan cukup terasa pukulannya, tapi dengan tetap menjaga bagian vokal tetap bisa didengar dengan jernih.

Bassnya tidak seberat pukulan bass dari headphone beats audio, tapi dirasa sangat cukup. Terkadang banyak orang menganggap bass di beats terlalu heavy. Kita bisa bilang di V-MODA M-100 ini punya takaran bass yang cukup.

Cukup memuaskan pukulannya bagi anak-anak muda yang menggemari lagu pop atau hip-hop yang penuh gebukan drum. Bahkan ketika dicoba dengan smartphone HTC yang sudah memiliki amplifier dan beats audio tuning di dalamnya, bass yang dihasilkan bahkan sanggup membuat daun telinga bergetar.

Biasanya heaphone ber bass punchy, akan keteteran di genre lagu lain seperti audiophile atau lagu-lagu instrumental. Tapi ternyata V-Moda M-100 ini bisa diacungi jempol, karena semua vokal , suara musik instrumen bisa didengar clarity nya dengan baik.

Beberapa device pemutar musik dicoba dengan V-MODA ini, HTC One dan Butterfly S, menghasilkan bass yang lebih punchy karena dukungan beats tuning dan amplifier. iPad mini menghasilkan suara music yang lebih natural, cocok pada musik-musik instrumental.. Pada Lenovo K900 didapat keseimbangan dengan bass yg cukup memukul dengan vokal yang jelas.

0003Pada masing-masing earcup, baik kiri maupun kanan tersedia colokan jack yang bisa membebaskan kita memilih,  mau menyambung kabel audio ke sisi earcup yang mana, kiri atau kanan.

Ini sangat berguna bagi para DJ yang biasanya memainkan 2 piringan lagu yang berbeda untuk mixing, jadi dengan mudah bisa memindah input dari kiri atau kanan. Tetapi fungsi ini selain memberi kemudahan memilih, juga kalau kita iseng bisa untuk menshare lagu ke teman yang lain. Sisi satu dijadikan input dari sumber audio, lubang ke 2 bisa dicolokkan jack dari earphone teman, maka lagu yang sama akan didengarkan juga di earphone ke-2.

ironman3

Satu lagi yang mengasikkan dengan headphone adalah untuk menonton film-film HD yang sekarang sudah sanggup diputar di smartphone dengan resolusi gambar yang bagus dan tata suara yang keren seperti dolby stereo digital. Dan V-MODA M-100 ini bisa dikatakan sangat cocok, selain untuk mendengarkan musik, juga menonton video-video semacam ini yang bisa menemani kita selama perjalanan untuk membuang bosan. Suara yang dihasilkan, seperti percakapan di film terdengar jelas, bahkan efek suara pada film-film action, terdengar sangat memukau.

vmoda-m100

Penutup

Headphone V-MODA M-100 ini sekarang di Indonesia sudah memiliki dealer dan garansi resmi. Kira-kira dibanderol seharga 3.8 juta. Dari sisi harga kemungkinan bagi sebagian orang akan terasa cukup tinggi, kecuali untuk mereka yang sudah terbiasa bermain dengan peralatan audio.

Tetapi, mengingat desainnya yang bagus, durabilitasnya yang luar biasa dan suaranya yang dihasilkan sangat baik, saya rasa harga sedemikian worth of money. Apalagi headphone ini sudah berkali-kali menerima penghargaan seperti DJ tech award, C-net editor choice, laptop editor choice, 2012 soundvision award, dll, semakin membuktikan keunggulannya.

Karena terkesan dengan headphone ini, saya juga sekarang sedang mencoba memesan 3D laser engraving metal shield nya, supaya nanti terlihat lebih custom :-). Kalau custom metal shield ini nanti sudah datang, saya akan update fotonya.

Dibawah ini sebagai penutup, saya menemukan video V-MODA M-100 ketika di anugerahi DJ Mag Tech Award

https://www.youtube.com/watch?v=m0C6s1hQD58&feature=youtube_gdata_pl

Have fun and try V-Moda M-100.

Untuk pandangan review lain dari anak muda yang sehari-harinya selalu membawa headphone untuk mendengarkan musik, silahkan disimak review V-MODA Crossfade M-100 di link ini https://plus.google.com/102808733737108537821/posts/VjwTfPcP7bW

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.