Seagate Ultra Slim Portable Drive, review

Dunia memang harus diberikan pilihan, karena setiap pribadi bisa memiliki pertimbangan-pertimbangan yang berbeda untuk sebuah device yang fungsinya sama. Tidak perlu berpikir device yang pertimbangannya cukup kompleks seperti smartphone, bahkan sebuah power bank saja, yang fungsinya sama untuk memberikan daya secara portable pada smartphone dirancang dengan banyak pilihan, baik bentuk, kapasitas dan teknologi.

Hal yang sama juga terjadi pada portable hard drive. Device yang peruntukkan pertamanya untuk menyimpan atau mem-backup data digital. Melihat ke belakang, dan mengintip ke depan, ternyata portable hard drive ini mirip smartphone, tidak berhenti dikembangkan.

Setelah me-review dan mencoba cukup banyak produk penyimpanan digital, ternyata masih banyak tipe yang terus keluar dengan masing-masing peruntukkan dan kelebihan, seperti salah satunya yang sekarang akan kita bahas, Seagate Ultra Slim Backup Plus.

Mendengar kata slim saja kita sudah senang, hard drive yang dulu besar-besar sekarang menjadi lebih ramping untuk lebih mudah di bawa. Tetapi Seagate masih belum berhenti di sana, dan mengeluarkan portable drive ultra slim. Seperti smartphone hi-end yang berlomba-lomba untuk mencapai ketebalan seminim mungkin, ternyata portable hard-drive juga demikian. Saya mencoba berpikir, mengapa device pelengkap seperti halnya portable device ini perlu mengejar ukuran yang ramping.

Sekarang ini banyak orang tidak bisa lepas dari gadget. Pertumbuhan pengguna smartphone sangat tinggi dan banyak berpengaruh terhadap pabrikan laptop. Sebelumnya pengguna komputer didominasi PC, kemudian kehadiran laptop mulai menggeser PC. Kehadiran tablet mulai membuat pengaruh besar pada pengguna laptop, dan pengguna tablet sekarang tergusur oleh pengguna smartphone dengan layar besar (phablet).

Apa yang kita bisa baca dari urutan tersebut di atas adalah masalah portabilitas, kemudahan untuk dibawa. Ketika device banyak yang menjadi portable, orang-orang semakin rewel atau pemilih, mana yang harus di bawa senantiasa bersama mereka.

Saya percaya, banyak orang sebenarnya bingung, mereka ingin membawa banyak device mereka agar senantiasa bisa digunakan ketika dibutuhkan, tetapi tas yang besar tentu tidak nyaman untuk digotong kemana-mana. Saya juga percaya mungkin diantara pengguna gadget berharap punya kantung seperti Doraemon 😁. Bahkan laptop yang sekarang tampak makin portable saja sering kita dengar sekarang hilang di dalam mobil. Mengapa orang-orang tidak membawanya turun? Karena tetap dianggap besar dan berat.

Banyak orang sekarang yang sangat bergantung dengan dunia digital membawa banyak perlengkapan dalam tasnya, laptop, tablet, kamera, power bank, charger, kabel, dan lain sebagainya. Semakin besar setiap gadget dan pelengkapnya semakin berat tas yang dibawa, dan ketika dikurangkan, tentu ada pilihan prioritas. Gadget pelengkap seperti portable hard drive bisa jadi akan menjadi bagian yang mulai tidak dibawa.

Jadi sekarang kita mulai mengerti kenapa portable hard drive ini dibutuhkan dalam ukuran yang lebih ringan, kecil dan tipis, agar tetap menjadi pilihan untuk dibawa dan digunakan.

Mengapa portable hard drive ini dibutuhkan? Secara data, ternyata lebih dari 50% pengguna gadget pernah kehilangan data penting, baik dari laptop, tablet, atau smartphonenya. Dan hanya 17% pengguna gadget yang ternyata rutin melakukan back-up data. Saya pikir angka-angka tersebut terpengaruh juga karena cerita di atas, sarana untuk back-up seperti portable HDD tidak kita bawa, berharap kita akan mengerjakannya nanti di rumah. Setelah di rumah kita kelupaan atau malas melakukannya.

Seagate ultra slim sepertinya dibuat dengan sebagian alasan di atas. Portable Hard Drive ini menjadi portable HDD yang terkecil dan teringan yang saya pernah gunakan. Ukurannya mirip powerbank 10 ribu mAh, hanya jauh lebih tipis. Ketebalannya yang mirip smartphone-smartphone kebanyakan menjadi daya tarik utama, tidak sampai 1 CM.

Seagate Ultra Slim, lebih kompak ukurannya dibanding smartphone 5.5 inci

 

Satu lagi kelebihan dari portable HDD ultra slim ini adalah beratnya, terasa sangat ringan hanya 117 gram. Lebih ringan dari kebanyakan smartphone. Sebagai pembanding sebuah iPhone 7 beratnya 138 gram, dan Galaxy s8 155 gram.

 

Dengan ukuran yang kompak dan ringan ini, seharusnya portable HDD ini bisa menjadi pilihan para pengguna gadget, atau bahkan para wanita yang tasnya juga sudah penuh berbagai perlengkapan selain gadget. Apalagi bentuk kompak ini juga didukung desain yang tidak biasa, walau hanya tampilan kulit luar, tetapi lekukan lingkaran-lingkaran dan warna mengkilapnya, menyiratkan portable HDD ini di desain dengan lebih. Terkadang menyenangkan melihat jatuhnya cahaya di atas permukaannya membuat bayang-bayang menarik disetiap ceruk lingkarannya. Pilihan warna gold dan silver juga cocok atau senada dengan warna laptop kebanyakan.

Seagate Ultra Slim portable hanya tersedia dalam kapasitas 1 dan 2 TB, kemungkinan mengingat ukurannya yang tipis. Seperti portable HDD kebanyakan di jaman sekarang, sudah menggunakan USB 3.0 sebagai port.

Kita bisa mem-format portable HDD ini dalam berbagai macam format umum, Fat 32, NTFS, atau exFAT, atau mempartisinya dan membedakan format masing-masing partisinya. Secara umum jika digunakan hanya untuk laptop, format NTFS lebih maksimal dalam kecepatan baca tulis, tetapi jika digunakan untuk laptop dan smartphone, bisa menggunakan format exFAT. Format Fat32 sendiri bisa di baca dikedua device baik laptop maupun smartphone, hanya saja satu single file tidak bisa lebih besar dari ukuran 4GB.

Ini hasil test kecepatan baca dan tulisnya menggunakan crystal mark, dan portable HDD menggunakan format exFAT. Secara spesifikasi maksimum kecepatan data transfernya 120 MB/s.

 

Seagate Ultra Slim tidak sekedar menjadi portable HDD kecil dan ringan, untuk membedakan dengan produk lain, beberapa fitur tambahan menarik melengkapinya. Sesuai namanya, backup plus, ada nilai tambah yang disertakan.

Kita menyadari dunia digital yang semakin canggih juga membuat manusia ingin semuanya serba mudah dan instan, dan terkadang membuat pekerjaan yang sepertinya tidak sulit saja membuat manusia malas melakukannya. Data yang kita kumpulkan setiap hari, misalnya pada laptop selalu berubah, baik ditambah atau dikurangi. Data penting ketika sudah menjadi berbagai macam file membuat kita bingung mana yang sudah di backup dan mana yang belum.

Bagusnya Seagate menyadari hal ini dan membuatkan aplikasi backup. Cukup install-kan aplikasi backup bawaannya, atau bisa di-download dari situsnya, dan lakukan inisiasi folder apa di komputer yang ingin kita backup. Setelah beberapa saat kita bekerja, tinggal koneksikan portable HDD ini dan jalankan aplikasi dashboard, maka setiap perubahan dan penambahan di folder tersebut akan di backup otomatis. Jika kita ingin membuat backup yang lain, tinggal lakukan lagi inisiasi tambahan baru, folder mana yang mau di backup.

Kadang ada saja kemungkinan terjadi bencana pada portable backup device kita, apakah rusak dan berhenti bekerja, terjatuh, kena air, atau sekedar terhapus tanpa sengaja datanya.

Selama portable HDD ini bisa dibaca di komputer, Seagate menyiapkan aplikasi yang bisa kita download untuk melakukan penyelamatan data. Tipe file yang di support cukup berlimpah, dari lagu, foto, film, office, hingga file-file khusus. Aplikasi ini akan membaca data yang hilang dari portable HDD dan mengembalikannya, bahkan ketika mungkin saja kita salah mempartisi atau tidak sengaja memformat data di portable HDD ini, file-file yang penting bisa dikembalikan lagi.

Mengingat bahwa data yang sudah terhapus atau ter-format saja mungkin masih bisa dikembalikan, bagia perusahaan atau mereka yang menjadikan portable HDD ini sebagai penyimpanan data yang sensitif, disediakan layanan untuk memformat dan menghapus data dengan permanen, dimana portable HDD bisa digunakan lagi tanpa kemungkinan mengembalikan data sebelumnya.

Banyak dari kita mengira ketika portable HDD terjatuh, masuk ke air, dan tidak bereaksi ketika dihubungkan dengan komputer kita, bahwa data penting kita hilang. Seagate menyertakan layanan Rescue Data Recovery selama 2 tahun, kita tinggal masuk ke websitenya dan membuat laporan, kemudian portable HDD kita kirimkan ke lab Seagate. Para ahli disana akan mengembalikan data penting kita. Bahkan progres pengerjaannya bisa kita saksikan sudah berapa banyak data yang bisa dikembalikan. Fitur ini sebenarnya yang penting kita miliki, karena seringkali ada data yang sangat penting yang tidak bisa kita dapatkan di tempat lain, mungkin rekaman video saat anak kita lahir, foto-foto mereka selama bertumbuh, yang tidak bisa tergantikan.

Bentuknya yang kecil dan ringan ini bisa menjadi favorit selain untuk membackup data dari laptop atau komputer, juga dari smartphone. Misalnya saat kita bepergian dan banyak mengambil foto dan video, data tersebut dengan mudah kita backup ke dalam portable HDD ini. Atau malah kebalikan, kita membawa data besar yang kita tidak ingin selalu simpan di dalam memory card smartphone, misalnya film-film dengan ukuran puluhan atau ratusan GB. Tinggal gunakan OTG converter, dan kita bisa langsung membaca data dari portable HDD.

Seagate Ultra Slim bisa langsung dihubungkan ke smartphone

Seagate ultra slim portable berukuran 1TB bisa didapat dengan harga di bawah 1 juta rupiah saat artikel ini ditulis. Ukuran yang lebih besar 2TB bisa didapat dengan harga 1.3 – 1.5 juta rupiah. Pastikan saat membeli adalah barang resmi untuk Indonesia, biasanya ada logo atau sticker MFI (Made For Indonesia) pada dusnya, untuk mendapatkan garansi, dan fasilitas data rescue.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.