Huawei Nova 2 Lite Review

Prolog

Banyak netizen Indonesia bingung kalau melihat paparan marketshare smartphone dunia, dari urutan 5 brand terbesar, Huawei ada di no.3 setelah Samsung dan Apple. Bahkan pada satu kuartal di 2017, Huawei  sempat menyalip Apple menjadi nomor dua.

Smartphone Market Share, Kwartal akhir 2017

Wajar saja netizen Indonesia agak bingung, karena smartphone Samsung dan Apple mudah mereka lihat digunakan banyak orang setiap hari, tetapi Huawei? Ya memang Huawei tidak terlihat seagresif brand-brand Tiongkok lainnya saat memasarkan smartphone di Indonesia, bahkan terkesan santai. Tetapi untuk kelas dunia, smartphone Huawei ini sedang berkibar,  terutama di Eropa. Kalau kita sempat melihat teknologi yang dicapainya, perusahaan yang awalnya bermodal hanya 45 juta rupiah ini memang hebat di R&D.

Sebenarnya Huawei sudah menguasai Indonesia, tetapi bukan dalam produk smartphone, melainkan jaringan. Sinyal smartphone 2G, 3G, 4G, yang kita terima sekarang dari berbagai operator, kemungkinan perangkat dan sistemnya dari Huawei. Tetapi memang untuk smartphone, Huawei masih harus berusaha lebih di Indonesia.

1-2 tahun lalu, Huawei memang terlihat santai dengan menggelontorkan produk smartphonenya di Indonesia. Banyak produk bagusnya tidak di-release untuk Indonesia, kadang kalau di-release, waktunya cukup jauh dari saat launching, karena saat itu Huawei lebih serius ke arah bisnis B2B.

Nah tahun ini kabarnya Huawei akan lebih serius di bisnis Smartphone untuk Indonesia. Kita sudah melihat dari awal tahun Huawei sudah merelease beberap produk yang juga cepat tersedia di pasaran, dan mulai memilih produk-produk mid-end untuk bersaing dengan brand lain. Sebelumnya kita juga sudah heboh mendengar janji Huawei bahwa produk hi-end nya seperti P20pro akan masuk Indonesia.

Belum lama ini produk terbaru Huawei yang di-launching dan langsung tersedia baik melalui flash sale dan campaign di beberapa kota adalah Huawei Nova 2 Lite.

Saya sempat mencoba device affordable ini, dan kita rangkum di sini dalam review.

Desain dan Layar Full View

Trend sekarang device boleh saja masuk seri entry-level atau mid-end, tetapi soal desain dan penampilan jangan asal apa adanya. Huawei salah satu produk yang sekarang mencoba tampil lebih, misalnya dengan warna body yang menarik dan berbeda. Huawei Nova 2 lite hadir dengan warna standar hitam, dan biru yang menarik dengan pantulan yang khas.

Secara dimensi ukuran device ini tetap cukup nyaman digenggam satu tangan, dan tidak terasa berat, hanya 155 g.

Slot SIM yang disertakan sudah full slot, jadi kita bisa menggunakan dual SIM bersamaan dengan eksternal memori.

Dual SIM dan Memori Eksternal

 

Untuk charging device ini masih menggunakan micro USB dan belum mendukung quick charging.

Nova 2 Lite dilengkapi layar dengan rasio 18:9, selain bisa membawa layar yang besar tetapi tetap dalam ukuran body yang tetap kompak, juga membuat rasio perbandingan smartphone lebih enak dilihat, yang kemudian membuat desain smartphone terasa lebih modern.

Yang menarik dari layar Nova 2 lite ini saat dinyalakan layarnya sangat cerah. Jarang smartphone mid-end men-setting layar dengan kecerahan yang cukup tinggi, biasanya alasannya untuk menghemat daya, dan terkadang memang karena kualitas panel layarnya.

Panel layar yang digunakan IPS LCD dengan ukuran 5.99 inci atau kadang dibulatkan menjadi 6 inci, dengan resolusi HD+, 1440 x 720. Ini membuatnya memiliki kepadatan pixel 269 ppi, kepadatan yang cukup untuk kebanyakan orang yang tidak memiliki kemampuan mata vision 20/20.

Memang sekarang ini banyak smartphone sudah menggunakan resolusi Full HD, tetapi bagaimanapun resolusi HD memiliki beberapa keunggulan untuk mereka yang tidak terlalu picky dengan besaran spesifikasi, misalnya resolusi 720 lebih mudah dirender oleh prosesor mid-end untuk menghasilkan FPS (frame per second) yang lebih baik, terutama untuk bermain game sehingga tidak mudah lag atau patah-patah. Resolusi yang lebih simple ini juga memiliki andil dalam daya tahan baterai, tidak seboros resolusi yang lebih tinggi.

Layar yang memanjang juga lebih nyaman untuk digunakan split screen, dua aplikasi yang bisa berjalan bersamaan, memudahkan kita misalnya untuk tetap membaca berita sambil tetap chatting, atau mungkin membuat nota catatan sambil menghitung dengan kalkulator.

Split Screen, 2 Aplikasi dalam 1 Layar

Layar memanjang juga bisa menyumbang pandangan yang lebih luas saat bermain game atau menonton video, dan film-film bioskop yang biasanya memang rasionya memanjang ditampilkan lebih pas, tidak menyisakan banyak bar hitam di atas dan di bawah.

 

Biometric Security

Dulu smartphone hi-end saja yang memiliki fitur keamanan biometrik, seperti fingerprint. Sekarang fingerprint sudah umum ada di smartphone mid-end, begitupula di Huawei Nova 2 Lite. Fitur keamanan biometrik yang sekarang sedang trend adalah pengenalan wajah atau face unlock. Fitur biometrik face unlock ini juga sudah disematkan di Nova 2 Lite, menggunakan kamera depan sebagai pengenalan wajah. Saat smartphone diangkat dan kamera depan melihat wajah kita, smartphone akan terbuka.

Saat terlalu gelap dan wajah sulit dikenali, fingerprint menjadi kunci backup yang bisa dibuka dengan jari. Fingerprint Nova 2 Lite tidak hanya berfungsi untuk unlock screen, tetapi juga beberapa gesture lain, seperti menjadi shutter kamera, menjawab telepon, mematikan alarm, menampilkan notifikasi dan lain-lain.

Fungsi lain Fingerprint scanner

 

Dual Kamera

Saat awal, hanya smartphone hi-end yang dilengkapi dual kamera, tetapi dengan cepat dual kamera juga menjadi fitur andalan smartphone mid-end, sehingga gap yang dulunya besar antara kemampuan smartphone hi-end dan mid-end, sekarang bisa diperkecil.

Nova 2 Lite dilengkapi dua kamera belakang, dengan kamera utama 13 MP dan kamera kedua 2MP untuk membantu memberikan efek bokeh karena perbedaan focal length. Fokus yang disertakan PDAF dan dibantu LED flash untuk foto dalam area temaram.

Dual Camera

Level blur pada efek bokeh ini bisa diatur levelnya, memimik lensa kamera profesional dengan aperturenya beragam. Pengaturan level blur ini bisa dilakukan sebelum foto diambil atau sesudah foto diambil, termasuk memindahkan fokus, kalau-kalau kita malah ingin mengganti fokus objek malah pada bagian background.

Efek bokeh pada Nova 2 Lite disebut wide aperture  mode juga bisa digabungkan dengan efek beauty untuk foto potrait. Jadi pada menu kamera kita memiliki 2 level pengaturan, efek blur dengan wide aperture, dan efek beauty jika diperlukan yang bisa diatur levelnya.

Efek Bokeh Dual Camera Nova 2 Lite

Selain wide aperture dan potrait mode, kamera belakang Nova 2 Lite  juga dilengkapi mode untuk membuat foto panorama dan HDR. HDR (High Dynamic Range) ini untuk foto objek saat perbedaan cahaya cukup besar, misal kamera menghadap sinar matahari sehingga objek menjadi gelap atau siluet, dengan HDR kamera akan mengambil foto-foto dengan kontras yang berbeda dan menggabungkannya agar sebisa mungkin semua objek terlihat lebih baik.

Ini beberapa contoh hasil kamera Nova 2 Lite:

Contoh Foto Lowlight

Bokeh Potrait

Detail yang bisa ditangkap dalam penerangan lampur ruangan

Backlihgt HDR

Penerangan yang Cukup

Selfie Kamera

Kamera depan Nova 2 Lite dilengkapi resolusi 8 MP dengan toning light. Berbeda dengan LED flash yang lebih ditujukan untuk membuat objek terlihat di tempat gelap atau temaram, toning light bisa digunakan bukan hanya dalam kondisi gelap. Level kecerahan toning light ini bisa diatur saat mengambil foto selfie, dari yang sekedar membuat muka lebih terlihat, hingga membuat kontur wajah yang lebih baik sesuai kondisi pencahayaan sekitar.

Perfect Selfie

Perfect Selfie mode menjadi andalan Huawei, dimana pengukuran tingkat beautify dianggap akan lebih tepat untuk objek yang di foto dengan pertama-tama melakukan pengukuran selfie muka lurus, muka dari samping, dan sedikit menunduk, untuk mendapatkan algoritma beautify yang lebih pas untuk kecerahan warna kulit, pembesaran mata, dan lain sebagainya.

Kinerja

Huawei Nova 2 Lite tidak menitikberatkan pada kinerja komputasi tinggi. Cukup unik, device ini menggunakan SoC atau prosesor buatan Qualcomm, Snapdragon 430. Biasanya produk smartphone Huawei senantiasa menggunakan prosesor buatan sendiri, HiSilikon Kirin.

Menurut Huawei, Kirin baru digunakan untuk produk yang lebih tinggi levelnya, dan untuk Nova 2 Lite yang masuk mid entry level ini mereka memilih menggunakan Snapdragon.

Ini beberapa hasil benchmark kinerjanya:

AnTuTu v.7 Benchmark

 

Untuk kinerja saat digunakan sehari-hari seperti browsing, edit foto, membuat dokumen, dll, ini hasil dari PC Mark Performance 2.0

Work2.0 performance

 

Dan ini daya tahan baterai saat layar di set dengan kecerahan tetap 200 nits. Angka ini bukan berarti dalam waktu tersebut baterai akan habis, ini berbeda dengan screen on time, tetapi skor ketahanan baterai dengan level kecerahan yang sama dalam test menjalankan looping task sehari-hari.

 

EMUI 8.0

Karena keluaran tahun ini, maka Nova 2 Lite sudah menggunakan sistem operasi Android Oreo 8.0. Seperti biasa untuk User Interface atau antar muka digunakan EMUI 8.0 khas Huawei. Dengan UI EMUI ini tampilan antar muka seperti desain icon, gesture, berbeda dengan stock android dan lebih kaya dalam fitur.

Oreo 8.0 Dengan EMUI 8

Pada tampilan utama kita bisa memilih apakah semua aplikasi akan tampil di depan atau bisa seperti original android dengan sebagian aplikasi berada di drawer.

Pilihan Antara Muka

 

Beberapa kemudahan ditambahkan dalam EMUI 8.0, seperti mengetuk layar untuk menyalakan dan mematikan unit tanpa perlu menekan tomobol power, men-tap dengan 3 jari sekaligus untuk meng-capture screen, dan berbagai gesture tambahan untuk akses shortcut dengan cepat ke berbagai aplikasi.

Screen Capture Gesture 3 Jari

 

Spesifikasi

Layar

  •         5.99-inci 1440p x 720p , 16 M colors, 269 PPI
  •      18: 9 wide screen
  •      Multiple-point touch-sensitive screen

Dimensi

  •      158.3 mm (Panjang) x76.7 mm (Lebar) x 7.8 mm (Tebal)
  •      Berat 155g

Operating System

  •      Android Oreo 8.0 dengan Huawei EMUI 8.0

Prosesor

  •      Qualcomm Snapdragon 430, Octa-Core (4 x 1.4 GHz+4 x 1.1 GHz), GPU Adreno 505

Baterai

  •      3000 mAh 
  •      Lama pengisian: sekitar 180 menit dengan charger yang disertakan.

Memori

o   ROM:  32 GB

o   RAM:  3 GB

o   Memori Eksternal:  microSD card (up to 256 GB) dedicated

Kamera

  •      Kamera utama 13 MP + 2 MP PDAF

o   Resolusi Foto: up to 4160 x 3120

o   Resolusi Video: up to 1920 x 1080 (1080P)

  •      Kamera depan 8 MP

o   Resolusi Foto: up to 3264 x 2448

o   Resolusi Video: up to 1920 x 1080 (1080P)

  •      Mode: Panorama, HDR, watermark, dan mode time-lapse

 

Huawei Nova 2 Lite sudah tersedia untuk pasar Indonesia dengan harga 2.599 juta rupiah. Pada saat penjualan awal diberikan bonus senilai 1.6 juta rupiah.

 

Leave a Reply